Bisnis Online

Senin, 19 November 2012

Cara Kerja Printer Laser


Postingan Kang Anang kali ini adalah tentang Cara Kerja Printer Laser. Ini memang pengetahuan lama, tapi mudah2 an masih bermanfaat bagi kita semua... Mari kita simak bersama...

Cara Kerja Printer Laser

Cara Kerja printer laser adalah dengan prinsip elektrik statis. Awalnya Photoreceptor Drum (OPC Drum) diberi muatan positif oleh Primary Charging Roller (PCR), dengan memberikan arus listrik padanya. (Bagian ini ada di dalam Toner Catrid).



Kemudian printer menyorotkan sinar laser yang sangat kecil melewati permukaan photoreceptor drum untuk membentuk image tulisan atau gambar sesuai dengan data yang dikirim oleh komputer, berupa satu garis horizontal pada satu waktu.

Sinar laser menyorotkan cahaya pada Photoreceptor Drum untuk membentuk titik dan mematikan cahaya untuk tempat kosong per halaman. Sinar laser tidak bergerak dengan sendirinya namun sinar laser itu dipantulkan melalui cermin yang bisa bergerak sendiri. Sinar laser ini pasti berhenti pada titik di photoreceptor drum dan membentuk image electrostatic. Bagian permukaan drum yg terkena sinar laser yang berubah menjadi bermuatan negatif.



Setelah pola image lengkap, serbuk toner yang tersimpan di Toner hopper (di dalam cartridge) diambil oleh Unit Developer (Magnetic Sleeve) . Toner yang bermuatan positif melekat pada area Photoreceptor Drum yang telah membentuk image electrostastik, yaitu bagian Photoreceptor Drum yg terkena sinar laser (muatan negativ) (hukum alam positf akan mendekat pada negatif)

Lembar kertas (dengan muatan negatif yang lebih kuat dari Photoreceptor Drum) bergerak sepanjang sabuk dan roll diatas drum yang telah dibubuhi serbuk toner yang berpola. Kertas mendorong bubuk toner dari drum untuk berpindah melekat pada kertas sehingga pola image berserbuk toner berpindah pada kertas dan siap untuk difinishing pada Fuser.



Toner yang tidak menempel pada kertas dan masih melekat pada OPC Drum akan dihapus oleh Wiper Blade dan kemudian masuk ke dalam Waste Bin (Pembuangan)

Fuser (Pemanas)
Fuser mengeringkan serbuk toner yang telah berbentuk image pada kertas agar kuat melekat pada kertas. Kemudian kertas yang telah tercetak dikeluarkan menuju tray pengeluaran kertas pada printer.


Sedangkan bagian yg memancarkan sinar laser yg kita bahas di bagian atas adalah :
Laser Scanner Assembly

Laser Scanner biasanya terdiri dari 3 unit bagian :
1. Laser
2. Cermin berputar
3. Lensa

Unit laser menerima data gambar maupun text dari komputer, lalu data tersebut dipancarkan ke drum berupa titik-titik yang membentuk text atau gambar, bertahap secara horizontal pada drum.

Demikian Cara Kerja Printer Laser, semoga menjadi tambahan wawasan untuk kita semua...




Bagian Penyusun Toner Catridge Laser dan Fungsinya

Setelah sebelumnya Kang Anang mengulas tentang Cara Kerja Printer Laser, Maka pada kesempatan kali ini Kang Anang akan membahas tentang Bagian Penyusun Toner Catridge Laser dan Fungsinya. Mari kita simak bersama .......


Fungsi Komponen Penyusun Toner Catridge :

Bubuk Laser Toner
Fungsi :
Sebagai bahan isian / refill toner cartridge printer laser



OPC DRUM (Photoreceptor Drum)
Media pembentuk pola image elektrostatis yang sesuai dengan data pola image digital yang dikirim oleh komputer.


WIPER BLADES
Membersihkan permukaan OPC drum dari toner sisa, yang tidak ikut terlekat pada kertas.


PCR (Primary Charge Roller)
Berfungsi menetralkan permukaan OPC Drum yang masih bermuatan negatif karena efek penyinaran laser.


DOCTOR BLADES
Mengatur banyaknya toner yang akan diambil oleh magnetik.


MAGNETIC ROLLER SLAVE
mengambil toner (bermuatan positif) dari toner hopper, untuk dikirim pada permukaan OPC Drum yang telah bermuatan negatif.



CHIP RESETER
Sebagai sensor kapasitas toner, jika sensor mendeteksi cartridge telah habis, maka cartridge tidak bisa digunakan


Semoga bermanfaat .....






Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama



 Kali ini kang Anang akan mencoba sharing tentang Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama. Karena banyak sekali pertanyaan tentang "kenapa catrdige cepet banget rusaknya... baik langsung saja ke T...K...P....

Sebelum menuju ke Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama, kita akan belajar dulu tentang cara kerja dari head catridge.

Head : berfungsi untuk mengatur keluarnya tinta.
Catrdige :
berfungsi sebagai wadah tampungan tinta yg akan mengalir ke head.

Dalam hal ini, printer Canon dan HP sering mengabungkan keduanya yaitu head dan catridge menjadi 1 bagian. Sedangkan Epson sering memisahkan antara head dan Catridge.

Cara Kerja Head Catridge menurut kang Anang :

Ketika printer diperintah untuk ngeprint, maka akan diolah oleh board printer dan terakhir board printer akan mengirim perintah ke head untuk melakukan pencetakan. Head akan mengatur filamen pemanas yg ada di dalamnya untuk mengatur tinta mana yg harus dikeluarkan untuk sebuah gambar / tulisan. Jadi cara kerjanya adalah dengan pemanasan tinta, sehingga tinta menjadi encer dan mudah untuk di semprotkan keluar lewat jalur lubang yg sangat kecil (nozzle). Pemanasan yg berlebihan akan membuat catrid cepat panas, maka dalam hal ini tinta printer itu bertindak sebagai pendingin juga. jadi Fungsi tinta ini juga sebagai oli kalau dikendaraan bermotor dan sangat penting sekali, maka jangan sampai catridge dibiarkan kosong terlalu lama.

Pemanasan head yg berlebihan ini diakibatkan oleh :
1. Ngeprint dalam jumlah banyak dan tidak ada jeda / istirahatnya, atau
2. Tinta habis dan printer masih dipakai untuk ngeprint,

Itulah kenapa catrdige warna Canon atau HP sering banget rusaknya, karena :

1. Yg warna jarang digunakan, sehingga nozzle buntu karena tinta kering, dan akibatnya akan terjadi pemanasan berlebih akibat tidak ada pendingin yaitu tinta, karena tinta macet.
2. Tinta warna habis dan tidak di isi, maka akan terjadi pemanasan berlebih pada head dan akibatnya chip di head akan terbakar.

Tips Agar Catridge Printer Awet dan Tahan Lama :


1. Jangan ngeprint dalam jumlah banyak secara langsung, tapi kasih istirahat tiap 10 lembar, kira2x 2-5 menit, apalagi kalau ngeprint kualitas foto, kasih istirahat lebih banyak.

2. Jangan biarkan tinta habis terlalu lama, lebih bagus lagi sebelum habis diisi tinta dulu.

3. Jangan mendiamkan printer (tidak dipakai ngeprint) lebih dari 5 -7 hari. Jadi tiap minggu minimal harus ngeprint sekali yg hitam dan warna (gunakan untuk ngeprint foto)

4. Jangan sering gonta-ganti merk tinta, karen keenceran masing-masing merk tinta berbeda dan ini sangat berpengaruh pada head printer.

5. Untuk printer Infus, pastikan tinta mengalir dengan lancar menuju ke catridge, jangan sampai tersumbat.

6. Jangan isi tinta terlalu penuh karena akan menyebabkan tinta tidak keluar bahkan head akan bocor akibat tekanan yg terlalu berat dari tinta, jika hal ini terjadi maka sedot ulang tinta tersebut dengan refill kit yang ada.


Semoga bermanfaat /....


Cara Service Epson R210 / R230 Lampu Tinta dan Resume Blink / Berkedip Merah Cepat




Bahasan Kang Anang kali ini adalah tentang printer epson R210 dan R230 yg mengalami kerusakan Lampu Tinta dan lampu Resume berkedip / blink Merah dengan cepat. Kerusakan ini sering terjadi dan semoga dengan artikel ini mempermudah anda sekalian....

Cara Service Epson R210 / R230 Lampu Tinta dan Resume Blink / Berkedip Merah Cepat :

Indikasi awal :
Ketika printer dihidupkan, maka printer akan kelihatan normal dan melakukan kalibrasi dengan gerakan Head ke kanan dan kiri secara teratur. Akan tetapi di akhir proses kalibrasi printer berhenti total dengan lampu indikator tinta dan lampu resume (yg simbolnya kertas) berkedip / blink merah dengan cepat. Printer macet total.

Penyebab :
Epson R210 / R230 Lampu Tinta dan Resume Blink / Berkedip Merah Cepat, disebabkan oleh tertutupnya sensor dibawah head oleh tinta yg luber, dan akhirnya printer akan memproteksi dirinya dengan berhenti total.



Solusi Service Epson R210 / R230 Lampu Tinta dan Resume Blink / Berkedip Merah Cepat:

1. Bongkar Printer Epson R210 / R230.

2. Ambil Headnya dan lihat Head bagian bawahnya, disitu akan anda temukan sensor kecil yg biasanya tertutup / tercelup tinta.





3. Bersihkan sensor R210 / R230 itu.

4. Kalau masalah masih sama yaitu lampu Tinta dan Resume R210 / R230 masih berkedip / blink cepat, berarti anda harus mengganti sensor beserta kabelnya.

5. Selesai dan printer siap dicoba .....

Selamat mencoba .....


Cara Bongkar Printer Epson R210 / R230

Berikut ini Kang Anang akan posting tentang Cara Bongkar Printer Epson R210 / R230..


Cara Bongkar Printer Epson R210 / R230

Mohon maaf jika masih kurang jelas....

Sebelumnya buka 3 sekrup Printer Epson R210 / R230 :
- 2 sekrup dibagian belakang, dan
- 1 sekrup di dalam printer (buka tutup pinternya)

1. Buka tutup samping ( lihat gambar )

2. Lepas encoder dan timming belt ( lihat gambar )

3. Lepas per dibelakang mekanik ( lihat gambar )

4. Lepas kancingan mekanik di kiri dan kanan ( lihat gambar )



5. Lepas AS besi tapi usahakan Gear jangan sampai terlepas ( lihat gambar )

6. Bersihkan sensor dari luberan tinta ( lihat gambar ).

7. Cek apakah ada jalur sensor yang putus atau kabel rusak.

8. Cek koneksi dari socket sensor

Membongkar printer ini membutuhkan kreatifitas dan ketekunan saat pengerjaannya,
Jika anda takut lupa cara meraklitnya lagi, sebelum membongkar printer Epson R210 / R230 ini, Anda dapat mengambil gambarnya dulu perbagian dengan kamera Anda.

Okay selamat mencoba dan semoga berhasil.

Cara Reset Ink Level Epson L100, L200, L800 tanpa SN ID Tinta

Anda Pengguna Epson L100, L200, atau L800 ? Trik Kang Efra kali ini patut anda coba. Pengalaman kali ini
adalah tentang Cara Reset Ink Level Epson L100, L200, L800 tanpa SN ID Tinta. Mari langsung ke TKP.

Printer Epson Seri L100, L200, L800 adalah printer infus resmi dari vendor Epson. Jika Ink Level Epson L100, L200 atau L800 menunjukkan posisi kosong / empty, maka biasanya Anda harus memasukkan SN ID Tinta Epson yang tertera di botol Tinta Epson.

Trik Kali ini adalah tentang Cara Reset Ink Level Epson L100, L200, L800 tanpa SN ID Tinta. Jadi anda tidak perlu lagi memasukkan SN ID Tinta Epson ketika Ink Level L100, L200, L800 menunjukkan posisi kosong / empty.





Cara Reset Ink Level Epson L100, L200, L800 tanpa SN ID Tinta :
  • Download Program Reset Ink Level Epson L100, L200, L800  ===> DI SINI
  • Extract File Reset Ink Level Epson L100, L200, L800 dengan menggunakan 7 ZIP. Jika belum punya silahkan Download  ===> DI SINI.
  • Program reset Ink Level ini namanya WIC Reset Utility. Instal program tersebut di komputer anda. Caranya : double klik WIC(x32).exe => Next 4x => Install => Finish.
  • Setelah itu Jalankan WIC Reset Utility yang telah anda install. Jangan lupa Printer anda harus dalam keadaan ON dan terkoneksi dengan komputer.
  • Perlu di ingat : Program WIC Reset Utility hanya bisa mereset Ink Level Epson L100, L200, L800 yang sudah kosong yang ditandai dengan tanda "SERU". 
  • Setelah WIC Reset Utility di buka, pilih jenis printer epson anda. Kemudian Klik Reset Inks ==> Continue : klik YES ==> Klik Done. 
 


  • Setelah itu, Matikan Epson L100, L200, L800 anda. Dan kemudian hidupkan kembali, maka Ink Level Epson anda akan ter reset dan kembali FULL tanpa harus memasukkan kode SN ID Tinta Epson Original.
Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Artikel ini boleh disebarluaskan, tapi tolong sertakan sumbernya. !!!

Cara Upgrade Epson T13:No chip, Indikator tinta penuh terus, Tidak reset pembuangan

Quote dedy_cha:
Saya Telah Menemukan Cara terbaru dari yang ada dipasaran, selama ini orang2 hanya bisa upgrade Epson T13 ke L100, tetapi upgrade ini tetap sia2 karna harus tetap mengisi kode tinta jika indikator level tinta telah menunjukkan habis.

Dengan Penemuan Saya ini T13 di upgrade ke s22 dengan fungsi tanpa chipset, tidak perlu reset pembuangan seumur hidup, dapat mencetak secara continues karna indikator tinta tetap full dan ada mode ultra glossy sehingga cetakan foto tidak ada noise.
Berdasarkan pantauan dimaskomputer, beberapa rekan yang menekuni jasa servis printer dikabarkan telah menemukan cara agar printer Epson T13 bisa naik tingkat sehingga indikator tinta selalu penuh dan tidak perlu reset pembuangan. Hal ini seperti yang di klaim oleh dedy_cha di suatu forum komputer.

Lalu bagaimanakah caranya? Tentu ini membuat kita penasaran.
Seperti yang pernah ditulis oleh Mr Color di suatu forum prinsipnya adalah dengan merubah dari T13 menjadi S22. Sebenarnya maksudnya adalah  merubah T13 menjadi L100 dengan cara memasukan basic printer information L100 pada T13, tapi karena TAK MAMPU melewati proteksi dan  maka jadilah type S22.
Untuk melakukan hal ini dengan cara download utility / adjustment L100 (yang beredar dipasaran / internet) lalu backup L100, ganti printer T13, restore, selesai...

Tapi ingat frekwensi piezo L100 lebih tinggi dari pada T13, dapat berakibat fatal di bagian print head.


Untuk merubah tipe T13 menjadi S22 ini menurut analisa saya tentu saja kita harus bermain-main dengan yang namanya Eeprom, suatu IC yang berisi program dasar sehingga perangkat keras bisa bekerja.
Yang diperlukan adalah program untuk membaca,menulis dan menghapus Eeprom ini.



bisa di berikan saran memakai program apa untuk memasukkan data eeprom yang sudah dirubah tersebut ke mainboard printer..

Nah lho pasti itu yang akan ditanyakan bukan? Petunjuk yang kami dapatkan dari forum seperti ini :
Pakai program yang sama seperti saat mas melakukan "pembacaan awal" printah tersebut. Karena semua "program" telah disertakan dengan fasilitas "read" , "erase" & "write".
Kalo menurut pembaca pakai program apa ya? Bila pembaca jeli di adjustment program ada menu untuk backup dan restore Eeprom. Untuk editingya coba cari program yang namanya Winhex dan sejenisnya.

Tapi ada catatan penting yang diberikan oleh Mr Color:
Bila mempergunakan adjustment program (versi kuno sekalipun yang banyak beredar baik dari type printer epson apapun seperti T13 ver 1.0 dan lainnya) disana ada fasilitas cleaning yang dapat dipergunakan untuk S22 tapi bila user lupa dengan mempergunakan menu maintenance yang ada pada driver printer (dapat didownload pada web epson.uk pilih S22) maka berakibat sangat fatal.

Masih ada beberapa langkah yang belum saya temukan, nanti akan kami muat pada artikel selanjutnya.

 
Design by PUTERA COM | Servis Printer Center Jl. Candi-Ampel Km.1, Ampel, Boyolali - 081325297036 | Facebook, Thyo Saputra